Pages

Rabu, 21 Januari 2015

Konfigurasi FTP menggunakan XAMPP

1. Landasan Teori
1.1 Penjelasan FTP
    File Transfer Protocol (FTP) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang menggunakan TCP koneksi bukan UDP. Dua hal yang penting dalam FTP adalah FTP Server dan FTP Client. FTP server adalah suatu server yang menjalankan software yang berfungsi untuk memberikan layanan tukar menukar file dimana server tersebut selalu siap memberikan layanan FTP apabila mendapat permintaan (request) dari FTP client.


    FTP client adalah computer yang merequest koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar menukar file. Setelah terhubung dengan FTP server, maka client dapat men-download, meng-upload, merename, men-delete, dll sesuai dengan permission yang diberikan oleh FTP server.
      Tujuan dari FTP server adalah sebagai berikut :
  • Untuk tujuan sharing data
  • Untuk menyediakan indirect atau implicit remote computer
  • Untuk menyediakan tempat penyimpanan bagi user
  • Untuk menyediakan transfer data yang reliable dan efisien
1.2 Penjelasan FileZilla 
    FileZilla atau juga dikenal dengan sebutan FileZilla Client, adalah salah satu software FTP gratis, open source, cross-platform. Binari tersedia untuk Windows, Linux, dan Mac OS X. Software ini mendukung FTP, SFTP, dan FTPS (FTP di SSL/TLS). Sejak 5 Maret 2009, software ini adalah software kelima yang paling banyak diunduh sepanjang masa dari SourceForge.net. FileZilla Server adalah produk lain dari FileZilla Client. Ini adalah server FTP yang didukung oleh proyek yang sama dan fitur-fitur dukungan untuk FTP dan FTP melalui SSL / TLS. Kode sumber FileZilla ditaruh pada SourceForge.net. Proyek ini tampil sebagai Proyek Bulan Ini pada bulan November 2003. 


Fitur utama dari Filezilla adalah:
  • Site manager (Manajer situs) Mengizinkan pengguna untuk membuat daftar situs FTP beserta data koneksinya, seperti nomor port yang akan digunakan, protokol yang digunakan, dan apakah akan menggunakan log anonim atau normal. Untuk log normal, nama pengguna dan kata sandinya akan disimpan. Penyimpanan kata sandi adalah opsional.
  • Message log (Log pesan) Ditampilkan di bagian atas jendela. Fitur ini menampilkan output berjenis konsol (console-type) yang menunjukkan perintah yang dikirim oleh FileZilla dan respon yang diterima dari server.
  • File and folder view Ditampilkan di bawah pesan log (Message log), menyediakan sebuah tampilan grafis antarmuka untuk FTP. Pengguna dapat menavigasi folder serta melihat dan mengubah isinya pada komputer lokal dan server dengan menggunakan tampilan antarmuka gaya Explorer. Pengguna dapat men-drag dan drop file antara komputer lokal dan server.
  • Transfer queue (Transfer antrian) Ditampilkan di sepanjang bagian bawah jendela, menunjukkan status real-time setiap antrian atau transfer file yang aktif.
(dikutip dari http://id.wikipedia.org/wiki/FileZilla_Client)

2. Langkah - Langkah Konfigurasi
1. Pastikan XAMPP sudah ada atau terinstall dalam PC. Kemudian PC telah terhubung pada jaringan internet.
2. Kemudian buka XAMPP control panel, kemudian klik start untuk modul Apache, MySQL, dan FileZilla. Kemudian klik admin pada modul FileZilla.


3. Maka akan muncul tampilan seperti berikut :


Catatan :
Server Address dan Port mengikuti default aja dan centang pada Kotak Always connect to this server.
4. Kemudian klik OK, maka akan muncul tampilan berikut :


5. Kemudian pilih Edit lalu pilih users, maka akan muncul tampilan berikut :


Dari gambar diatas selanjutnya tambahkan user dengan meng-klik Add kemudian isi kolom pada Add user account, kemudian klik OK. Jika ingin menggunakan password maka centang pada kotak password dengan masukkan passwordnya seperti tampilan berikut :


6. Kemudian pilih Shared folders, lalu pilih Add pada menu Shared Folders (bukan Add Users), kemudian akan muncul Pilihan folder yang akan kita kirim nantinya, lalu pilih OK.


7. Jika telah berhasil, maka akan muncul seperti tampilan berikut :


8. Untuk selanjutnya mengakses data yang dishare oleh FTP dengan cara membuka browser kemudian ketikkan ftp://alamat ip pc atau ftp://172.18.13.78. Maka akan muncul tampilan seperti berikut :


9. Masukkan User Name dan Password sesuai dengan yang disetting sebelumnya. Seperti tampilan berikut :


10. Jika berhasil, maka akan tampilan pada browser seperti tampilan berikut :

 
11. Folder atau file yang terdapat pada ftp server diatas telah dapat diakses.

Demikianlah Langkah - langkah konfigurasi FTP menggunakan XAMPP. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

1 komentar: