Pages

Kamis, 13 November 2014

Installasi dan Konfigurasi SNMP dan MRTG

1. Landasan Teori
1.1 Pengertian SNMP (Simple Network Management Protocol)
     SNMP merupakan sebuah protokol jaringan yang didesain bagi pengguna khususnya administrator jaringan untuk memonitor aktifitas jaringan komputer dan mengontrol sebuah komputer atau server secara sistematis dari jarak jauh. SNMP bekerja dengan mengumpulkan data informasi dari elemen-elemen jaringan dengan parameter dan variabel tertentu dan menyimpannya dalam sebuah database.

1.2 Elemen-elemen pada SNMP
a. Manager, yaitu bertugas sebagai manajemen jaringan yangn mengumpulkan data informasi dari elemen-elemen jaringan yang ingin dimonitoring dan atau dikontrol. Bentuk dari manager ini berupa perangkat lunak yang didesain sedemikian rupa sekaligus memiliki fungsi antarmuka yang baik bagi penggunanya dalam hal ini network administrator jaringan. Perangkat lunak manager ini bisa di install di server yang sekaligus sebagai database server bagi data informasi SNMP, namun juga bisa di install pada dekstop atau laptop bahkan mobile device dengan syarat server databasenya terpisah.
 
b. MIB (Management Information Base), yaitu database dari data informasi yang dikumpulkan oleh manager dari agen yang tersimpan dalam database server. Struktur data dalam MIB ini bersifat hirarki dan memiliki aturan sedemikian rupa sehingga informasi setiap variabel dapat dikelola atau ditetapkan dengan mudah.[1]

c. Agen, yaitu suatu elemen jaringan yang dimonitoring atau dikontrol oleh manager. Pada umumnya perangkat jaringan seperti router dan server difungsikan sebagai agen dalam sistem manajemen jaringan. Hal ini disebabkan lalu lintas trafik data dengan jumlah yang besar melalui atau bermuara pada kedua perangkat jaringan tersebut. Setiap agen mempunyai database yang bersifat lokal dengan variabel-variabel tertentu, artinya secara default informasi disimpan dalam disk lokal dan digunakan oleh sistem operasi internal. Protokol SNMP yang diaktifkan pada suatu agen akan menjadikan data informasi agen seperti aktifitas trafik, dan keadaan proses di sistem internal dan kapasitas sistem dapat dikirim ke manager untuk dikelola lebih lanjut. 
(dikutip dari Modul Praktikum Manajemen Jaringan)

1.3 Cara Kerja SNMP
      Entitas yang dikelola, seperti server, akan menyimpan variabel-variabel yang berkaitan dengan pengelolaan jaringan. Variabel-variabel yang dapat diakses oleh Agent dikenal sebagai objek yang dikelola. Objek-objek yang dikelola tersebut didefenisikan sebagai sebuah hierarki pohon yang dikenal sebagai MIB (Management Information Base) dari suatu server.
     Pada protokol SNMP, server dapat melaporkan kejadian-kejadian yang signifikan ke NMS (Network Management Station) dengan mengirimkan pesan ataupun trap yang mengandung variabel-variabel yang berkaitan. Sebaliknya NMS juga dapat melakukan permintaan ke server terkait MIB yang dimilikinya untuk mengakses suatu data ataupun mengubah variabel dalam MIB secara remote (jarak jauh) menggunakan pesan GET (akses variabel) dan SET (ubah nilai variabel). Baik pada pesan trap, GET dan SET, keseluruhannya mempertukarkan informasi-informasi terkait jaringan dalam bentuk beberapa PDU (Protocol Data Unit). PDU tersebut mengandung informasi tentang variabel-variabel yang disimpan pada perangkat yang dikelola. Variabel-variabel ini memiliki nilai dan pengenal yang dilaporkan ke NMS sesuai dengan yang diperlukan.
(dikutip dari http://www.javan.co.id/mengenal-snmp/) 
  
Skema Komunikasi pada SNMP

Gambar 1. Skema Komunikasi pada SNMP 
(sumber : blogs.itb.ac.id).
  
Struktur dari SNMP
Gambar 2. Struktur SNMP

(sumber : Modul Praktikum Manajemen Jaringan).
  

2. Langkah-langkah dan hasil installasi dan konfigurasi SNMP dan MRTG
  
Pada tutorial penginstallan dan konfigurasi SNMP dibawah ini menggunakan OS Ubuntu versi 12.04, bisa juga menggunakan OS Windows, namun referensinya sedikit.
  
Tahapan 1 : Installasi dan konfigurasi SNMP
1. Buka terminal pada ubuntu, masukkan perintah berikut :


2. Kemudian masukkan password pada kotak merah diatas yaitu 123.
3. Sebelum melakukan penginstallan SNMP, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memastikan tidak adanya SNMP dan atau SNMP Agent pada Ubuntu, maka lakukan pencopotan aplikasi dengan memasukkan perintah berikut :


4. Selanjutnya melakukan penginstallan SNMP dengan memasukkan perintah :


5. Setelah proses penginstallan selesai, maka SNMP akan membuat file konfigurasi SNMP di folder /etc/snmp/snmpd.conf. Langkah selanjutnya mengedit file tersebut dengan tex editor seperti vim atau nano. Masukkan perintah #nano /etc/snmp/snmpd.conf
maka akan muncul tampilan seperti berikut :


Hilangkan tanda # sebelum rocommunity public localhost, sehingga bentuknya seperti di dalam kotak kuning pada tampilan diatas.

6. Masih pada file editor SNMP, ganti nama pada sysLocation sesuai dengan nama host Ubuntu yang digunakan dan  sysContact sesuai nama atau email pengguna atau bisa keduanya. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengguna yang memonitoring snmp dan snmpd serta mengetahui identitas atau email pengguna. Berikut tampilannya :

Sebelum di edit :


Setelah di edit :


6. Kemudian disimpan hasil pengeditan file konfigurasi SNMP dengan menekan tombol ctrl+X dan tekan Enter.
7. Langkah selanjutnya restart snmpd agar konfigurasi yang telah dilakukan dapat berjalan dengan memasukkan perintah :  #/etc/init.d/snmpd restart
8. Pastikan tidak ada masalah atau error setelah perintah restart diatas. Selanjutnya melakukan pengetesan snmp sudah berjalan atau belum dengan perintah berikut :
#snmpwalk -v 2c -c public localhost
Keterangan :  Localhost pada perintah diatas bisa diganti dengan alamat PC atau server lain dan tentunya juga ip gateway atau router. 


Tahapan 2 : Installasi dan konfigurasi MRTG
MRTG Adalah aplikasi yang digunakan untuk memantau beban trafik pada link jaringan. MRTG akan membuat halaman HTML yang berisi gambar GIF yang mengambarkan trafik melalui jaringan secara harian, mingguan, bulanan dan tahunan.
(sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/MRT)
 
1. Langkah pertama melakukan pengecekan terlebih dahulu pada ubuntu ada atau tidak ada aplikasi MRTG yang terinstall dengan memasukkan perintah :
dpkg -1|grep mrtg

2. Jika ada yang terinstal tetapi ingin menginstal ulang sendiri, maka lakukan remove instalan MRTG terlebih dahulu dengan perintah :
#apt-get remove mrtg --purge

3. Selanjutnya lakukan penginstalan MRTG dengan perintah :
#apt-get install mrtg
 
4. Selanjutnya mengkonfigurasi MRTG dengan memasukkan perintah :
#cfgmaker --global'workdir:/var/www/mrtg'--output /etc/mrtg.cfg public@localhost

5. Kemudian menampilkan grafik konfigurasi MRTG dengan cara mengenerate file index.html mrtg dengan memasukkan perintah berikut :
#indexmaker /etc/mrtg.cfg --columns=1 --output /var/www/mrtg/index.html

6. Jika Konfigurasi MRTG selesai, maka lakukan pengujian atau pengetesan dengan mengetikkan http://localhost/mrtg pada browser mozilla firefox, sehingga hasil akhirnya seperti tampilan berikut :


Keterangan : Setelah tampilan pada browser muncul, maka selanjutnya melakukan pemantauan atau memonitoring beban trafik pada suatu link jaringan.



 

0 komentar:

Posting Komentar