Pages

Rabu, 26 November 2014

Instalasi dan Konfigurasi Cacti pada Ubuntu 12.04

1. Landasan Teori
1.1 Pengertian Cacti
   Cacti adalah salah satu software yang digunakan untuk keperluan monitoring yang banyak digunakan saat ini. Cacti menyimpan semua data/informasi yang dperlukan untuk membuat grafik dan mengumpulkan dengan database MySQL. Untuk menjalankan Cacti, diperlukan software pendukung seperti MySQL, PHP, RRDTool, net-snmp, dan sebuah webserver yang support PHP seperti Apache atau IIS.
      Cacti adalah salah satu aplikasi open source yang merupakan solusi  pembuatan grafik network yang lengkap yang didesign untuk memanfaatkan kemampuan fungsi RRDTool sebagai  peyimpanan data dan pembuatan grafik. Cacti menyediakan pengumpulan data yang cepat, pola grafik advanced, metoda perolehan multiple data, dan fitur pengelolaan user. Semuanya dikemas secara intuitif, sebuah interface yang mudah digunakan  mudah dipahami untuk local area network hingga network yang kompleks dengan ratusan device. Dengan menggunakan cacti kita dapat memonitor trafik yang mengalir pada sebuah server dan Cacti juga merupakan frontend dari RRDTool yang menyimpan informasi kedalam database !MySQL dan membuat graph berdasarkan informasi tersebut. Proses pengambilan data (lewat SNMP maupun skrip) sampai kepada pembuatan gambar (graph) dilakukan menggunakan bahasa pemrograman PHP.

Cacti dapat digambarkan sebagai :
a. Data Retreval
   Hal pertama yang dilakukan oleh Cacti adalah mengumpulkan data. Data dikumpulkan dengan Poller yang dieksekusi oleh Operating System. Interval pengumpulan data atau dengan kata lain eksekusi Poller dapat kita atur melalui fasilitas penjadwalan yang tersedia di Operating System seperti crontab.
b. Data Storage 
    Data yang telah dikumpulkan oleh Poller, selanjutnya akan disimpan secara teratur di bawah /rra. Untuk proses ini, cacti menggunakan Round Robin Database (RRD) dimana data akan ditata dalam urutan waktu (time-series). Data yang dapat berupa trafik jaringan, suhu mesin, server load average, mounting load dan lainnya berbentuk file berekstensi. rra dan selanjutnya siap dipresentasikan dalam bentuk grafik.
c. Data Presentation
    Keutamaan penggunaan RRDtool adalah fungsi grafiknya. Data-data yang tertata dalam /rra akan di presentasikan dalam grafik dan ditampilkan oleh web server yang kita gunakan. Cacti juga menyediakan halaman pengaturan grafik untuk memudahkan kita memanajemen gambar-gambar yang ingin kita tampilkan serta cara menampilkannya.

1.2 Paket-Paket Yang Dibutuhkan sebelum Instalasi Cacti
  • php-snmp
  • rrdtool
  • net-snmp & net-snmp-utils
  • httpd
  • php
  • php-mysql
  • mysql
  • mysql-server
2. Langkah-langkah Instalasi dan Konfigurasi Cacti 
     Berdasarkan landasan teori kita harus menginstalasi atau menambahkan paket-paket yang dibutuhkan sebelum menginstalasi Cacti. Dari kejadian yang pernah saya alami, untuk menginstalasi atau menambah paket-paket tersebut sangat rumit, karena ada beberapa paket yang terkait dengan dependensinya. 
    Setelah semua paket-paket yang dibutuhkan telah berhasil di instalasi atau ditambahkan, maka kita masuk dengan langkah - langkah berikut :

1. Membuka terminal pada ubuntu, kemudian untuk masuk ke dalam rootnya masukkan perintah :

# sudo su
# password : <password hostname masing2 pc>

2. Kemudian jika paket-paket diatas belum terinstalasi, maka dapat melakukan penginstalan dengan memasukkan perintah :


#apt-get install apache2 apache2-common apache2-mpm-prefork apache2-utils libapache2-mod-php5 php5-cli php5-common php5-cgi

3. Perintah tersebut akan menginstal paket apache2 dan web server dengan php supportnya, kemudian dilanjutkan dengan menginstal mysql server dan php supportnya dengan memasukkan perintah berikut :
 
#apt-get install mysql-server mysql-client libmysqclient16-dev php55-mysql make gcc g++ cgilib libfreetype6 libttf-dev libttf2 libpngwriter0-dev libpng3-dev libfreetype6-dev libart-2.0-dev snmp

4. Setelah berhasil yang diatas, selanjutnya melakukan restart lagi apachenya dengan perintah berikut :

# /etc/init.d/apache2 restart

5. Selanjutnya instalasi RRDTool dengan perintah berikut :

# apt-get install rrdtool

6. Kemudian setelah semua paket-paket tersebut selesai terinstalasi, selanjutnya lakukan instalasi cacti dengan perintah berikut :

# apt-get install cacti

7. Setelah di Instalasi, akan muncul pemilihan webserver, pilih apache2 kemudian OK.

8. Selanjutnya, akan muncul tampilan Configure Cacti. Pilih <Yes>
9. Kemudian akan muncul konfigure mysql-server dan masukkan passwordnya dan kemudian OK, seperti tampilan berikut :


10. Selanjutnya melakukan konfigurasi di browser mozilla firefox, masukkan alamat http://localhost/cacti/ pada address bar nya. Akan muncul tampilan halaman login pertama, untuk login pertama masukkan account sebagai berikut :


11. Setelah berhasil login, selanjutnya akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Kemudian klik menu device dan kemudian klik add (sebelah kanan atas)

 

12. Kemudian isi menu form pada tampilan berikut :


13. Maka akan muncul tampilan seperti berikut :


 14. Pada bagian associated data query pilih add data query = SNMP-Interface Statistic dengan index-method = Uptime Goes Backward, lalu klik add
15. Jika konfigurasi tadi tidak ada error di SNMPnya, selanjutnya klik save.
16. Pada menu device klik device yang sudah dibuat localhost, selanjutnya klik create graphs for this host.
17. Centang semua graph yang muncul dan di bagian action pilih Place on a Tree, kemudian klik go, seperti tampilan berikut :


 18. Selanjutnya akan timbul tampilan Place on a Tree (Default Tree)

  
19. Tampilan di graph akan muncul device localhost, awalnya memang grafiknya tidak muncul karena perlu waktu untuk query data ke device localhost. Setelah beberapa menit akan muncul trafik data untuk tiap interface yang sudah kita centang sebelumnya.
Berikut tampilan output default tree : 




 
Keterangan gambar : pada grafik diatas merupakan hasil grafik pemakaian jaringan internet menggunakan localhost. Ada beberapa grafik yang ditampilkan tidak terlalu baik. Hal ini disebabkan dalam pengambilan data memerlukan waktu agar gambar graph tampil baik ketika kita menggunakan jaringan internet yang berlokasi di kampus Politeknik Caltex Riau. Setelah menunggu dalam rentan waktu yang cukup lama hasil output sudah mulai nampak perubahannya. Monitoring dengan cacti ini bertujuan untuk mengetahui trafik jaringan yang sedang berlangsung pada PC user ke jaringan internet PCR.

0 komentar:

Posting Komentar