Pages

Kamis, 06 November 2014

Setting FTP Server

1. Landasan Teori
1.1 Pengertian FTP
      File Transfer Protokol atau disingkat FTP adalah suatu protokol yang berfungsi untuk pertukaran file dalam suatu jaringan komputer yang mendukung protokol TCP/IP. Dua hal pokok pada FTP yaitu FTP server dan FTP Client.

      File Transfer Protokol juga merupakan sebuah protokol internet yang berjlaan di dalam level aplikasi yang merupakan standar untuk proses transfer file antar mesin komputer dalam sebuah framework.

1.2 Fungsi FTP
      Fungsi utama dari FTP adalah melakukan pertukaran file dalam jaringan. Namun, Fungsi FTP server adalah menjalankan perangkat lunak yang digunakan untuk pertukaran file atau istilah asing file exchange, yang selalu siap memberikan layanan FTP apabila mendapat request atau permintaan dari FTP client. FTP client adalah komputer yang meminta koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar menukar file (upload dan download file).

      Fungsi FTP adalah melakukan transfer file antara komputer yang terhubung melalui jaringan, termasuk internet. Dalam bahasa teknis, FTP dikenal sebagai protokol jaringan yang memungkinkan transfer filee antara komputer yang tersambung pada TCP/IP yang berbasis jaringan. Hal ini mencakup serangkaian peraturan dan prosedur untuk transfer data digital yang aman. Fungsi FTP lainnya adalah otentikasi dan kesalahan penanganan teknik untuk membangun koneksi antara komputer host dan klien untuk pertukaran data. 

1.3 Cara Kerja FTP
      Dalam menjalankan fungsi FTP, Inisiasi Transfer FTP Server dan komputer klien melalui nomor port 21 pada komputer server. Koneksi port 21 ini disebut koneksi kontrol dari setiap sesi FTP. Transfer data diaktifkan oleh koneksi 20 port yang berhubungan dengan server. Koneksi kontrol harus dipertahankan sepanjang sesi transfer data berbasis command line, tetapi saat ini dapat menggunakan graphic user interface, yang membuat sesi FTP lebih mudah dibangun.

      Dalam menjalankan Fungsi FTP, Data dapat ditransfer baik dalam modus blok, modus kompresi atau mode streaming. FTP tidak memiliki enkripsi built-in untuk mentransfer data, yang membuatnya cukup rentan terhadap serangan brute force, serangan bouncing dan bahkan serangan spoof. Pada saat data sensitif perlu ditransfer, FTP secara alami, adalah bukan pilihan utama. Secure shell Protokol lebih disukai dalam kasus ini.

      Cara kerja FTP adalah utamanya digunakan dalam pengembangan situs web untuk menjalankan fungsi-fungsi FTP yaitu mentransfer halaman file dari komputer klien ke situs web komputer hosting, juga digunakan oleh situs untuk menyediakan fasilitas download file. Ini juga digunakan untuk transfer file intra-jaringan pada sistem jaringan komputer kecil. Sebagian besar program termasuk web browser memiliki dukungan built-in untuk transfer data berbasis FTP. (dikutip dari http://jaringankomputer.org/ftp-adalah-pengertian-fungsi-carakerja-aplikasi-ftp/)

Topologi FTP server dan FTP client :
sumber gambar : webpage.pace.edu



2. Langkah-langkah dan Hasil penyettingan FTP Server
1. Buka terminal ubuntu dan ketikkan sudo su  kemudian inputkan passwordnya.
2. Menginstal proftpd dengan perintah berikut :


3. Kemudian akan muncul dua pilihan, maka pilih standalone dan klik <Ok>
4. Kemudian mengedit file konfigurasi proftpd dengan perintah berikut :


Tampilan sebelum diedit :


Tampilan setelah diedit :


5. Kemudian disimpan dengan perintah ctrl+x, pilih y kemudian tekan enter
6. Selanjutnya melakukan restart dengan perintah berikut :


7. Setelah direstart, maka kita melakukan pengujian. Untuk Pengujian ada dua cara yaitu yang pertama dengan browser dan yang kedua dengan terminal ubuntu.
8. Pengujian pertama dengan membuka browser mozilla firefox dan ketikkan :
ftp://.....(ip address masing-masing), contoh : ftp://172.16.30.13
berikut tampilannya :


Maka akan muncul tampilan berikut :



9. Kemudian pengujian yang kedua pada terminal ubuntu seperti tampilan berikut :


0 komentar:

Posting Komentar